SILAT MAHARLIKA ARNIS ESKRIMA MALANG

cabang dari CACOY DOCE PARES - COMBINED MARTIAL ARTS ACADEMY Jakarta (www.thecmaa.com)

11 Desember 2008

bela diri eskrima, apa itu ?




Eskrima adalah suatu bentuk beladiri yang berasal dari Filipina. bela diri ini banyak dipengaruhi oleh beladiri lain yang berasal dari Cina maupun Indonesia yang dibawa oleh para pedagang sekitar abad ke 2.
Awal mula dikenalnya beladiri eskrima ini adalah saat para penjelajah Spanyol yang dipimpin oleh Ferdinand Magellan mendarat di kepulauan Filipina tahun 1521 yang bertujuan untuk menguasainya. Tidak lama setelah pendudukan Spanyol atas Filipina, Magellan akhirnya terbunuh para pejuang pribumi yang bersenjatakan tongkat yang dipimpin oleh Lapu Lapu .
Selama pendudukannya Spanyol melarang segala bentuk beladiri. Namun secara sembunyi-sembunyi penduduk setempat tetap mempelajari & mengembangkannya dengan menyamarkan menjadi seperti tari-tarian. Pada akhirnya larangan mempelajari beladiri dihapuskan saat Amerika Serikat berhasil mengusir penjajah Spanyol dari Filipina. Meskipun begitu kerahasiaan masih tetap melingkupi Eskrima berikut praktisinya. Hingga saat ini beladiri eskrima ini telah menjadi beladiri utama yang dipelajari oleh angkatan bersenjata Filipina dan telah menyebar ke berbagai negara dengan bermacam-macam aliran eskrima.

Label:

4 Komentar:

  • Pada 04 Mei, 2009 09:13 , Anonymous Anonim mengatakan...

    Salam,
    Kalau boleh tahu alamat latihan beladiri eskrima di surabaya dimana?

     
  • Pada 30 Juni, 2009 19:28 , Anonymous angky mengatakan...

    di surabaya kayaknya masih blm ada

     
  • Pada 17 Maret, 2014 13:24 , Anonymous Christ - 8600230 mengatakan...

    Apakah Latihan Eskrima ini masih aktif?
    Adakah nomer Contact yang bisa saya hubungin?
    Dengan Siapa?
    Saya mempunyai Dojo di daerah Malang Utara - daerah SANAN, kalau misal anda berminat untuk mengisi DOJO saya dengan pelatihan Eskrima bisa menghubungi saya di (0341) 8600230
    Trims,


    Christ - 8600230

     
  • Pada 28 Desember, 2015 14:34 , Anonymous Anonim mengatakan...

    Mas Bro Maharlikas, saya tertarik ikut escrima,kalau boleh tahu nomer kontaknya dong mas...mohon diSMS kan ke nomer 081330954455 ya..Terima Kasih.

     

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda